Belajar Fotografi, Portrait

Portrait of RBI, tajam dan bokeh suatu pelajaran

RBI (D700+85/1.4 @iso200, f4, 1/640)

Dalam mengeksekusi suatu portrait sering saya merasakan seolah-olah sudah mendapat hasil yang baik, fokus yang tepat, background dan foreground baik .. juga tampilan di LCD menarik baik foto maupun histogramnya. Tetapi kadang keraguan mulai muncul saat melihat sekilas pembesaran maksimal di LCD oh oh bisa sedikit missfocus, gerak dlsb …

Foto di atas mewakili satu portrait yang bisa dieksekusi dengan baik menurut hemat saya .. nah pelajaran apa yang bisa diambil dari sini:

  • Ketersediaan cahaya, foto ini diambil sore hari dengan cahaya matahari yang bersinar cukup terang. Oleh sebab itu kecepatan saat pengambilan foto cukup tinggi (1/640 detik) dan menghindari terjadinya gerakan kamera ataupun objek. Juga bisa menggunakan base ISO dari kamera yang digunakan, dalam hal ini ISO 200 untuk Nikon D700.
  • Jarak yang cukup terhadap objek, dan jarak objek dengan background. Jarak yang cukup ini menghasilkan ruang tajam yang memadai untuk mengambil portrait, bisa dihitung dengan DOF Calculator ..Juga menghasilkan bokeh yang cukup menarik pada latar belakang foto.
  • Bukaan lensa berada pada sweet-spotnya, dimana ketajaman lensa maksimal. Rupanya lensa yang digunakan ini memang sweet-spotnya ada pada f4.0 .. konon memang sweet-spot suatu lensa umumnya berada pada dua stop diatas bukaan terbesarnya.

Bagaimana bila kondisi tidak ideal seperti diatas? Disini kita dituntut kreatif menyesuaikan parameter yang ada dengan setting pada kamera sehingga tetap mendapatkan hasil yang baik sesuai dengan kemampuan kamera dan peralatan yang ada.

[Maaf untuk Mas RBI, admin FN yang fotonya digunakan sebagai ilustrasi…]

Standard

8 thoughts on “Portrait of RBI, tajam dan bokeh suatu pelajaran

  1. salam kenal mas… aku juga suka poto2… lumayan jadi bisa belajar di sini 😀

    permisi mau jalan2 liat yang lain dulu… 😛

    PS: aku ada rencana mau pindah themes yang ini, tapi masih ragu2… 😀

    • Ha ha salam juga … aku sudah liat bagus-bagus fotonya … apalagi bunga-bunganya
      Ganti saja themenya … kalau gak sreg ya dicari lagi yang lain … aku pakai ini karena bisa show foto2 diatas biar aneh keliatannya sih, gask proporsional .. he he

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s