Belajar Fotografi, HDR, Landscape

HDR: Belajar Lagi Kasus Olahan Foto Landscape Savanna Bromo

Foto Normal Belum Diolah

Foto Normal Belum Diolah

Kembali saya mencoba melakukan proses HDR, kali ini untuk foto landscape di alam terbuka di savanna Bromo. Saat itu berani mencoba HDR karena angin tidak banyak bertiup sehingga potensi ghosting tidak banyak, tidak usah membersihkan manual saat proses bracket loading untuk HDR.

Foto Normal, Shadow Dikeluarkan, Warna Olahan

Foto Normal, Shadow Dikeluarkan, Warna Olahan

Foto dibuat pagi hari, saat matahari belum terlalu tinggi, dan lensa yang digunakan 14-24mm pada  posisi 14mm dan menghadap ke matahari meskipun dalam frame hanya di ujung atas saja. Sebagai upaya menetralisir perbedaan exposure digunakan filter GND 3stop, supaya langit dan matahari tidak terlalu jauh selisih exposure dengan tebing bukit dan rumput-rumput. Foto diambil dengan 3 bracket otomatis, normal pada f16 1/20, naik dan turun 1 stop. Tujuan pribadi yang ingin dicapai dari bracketing untuk HDR disini adalah mendapatkan exposure yang cukup untuk menampilkan gambar dengan matahari di langit, rerumputan tersinar matahari dari belakang, dan utamanya tebing perbukitan di ujung savanna.

Foto Normal, Olahan Warna Berbeda

Foto Normal, Olahan Warna Berbeda

Kalau dilihat hasilnya masih ada satu tujuan yang belum tercapai, yaitu menampilkan detail pada tebing perbukitan. Kesalahan utama adalah selisih exposure yang hanya satu stop. Selisih sekecil ini belum cukup untuk mengeluarkan detail yang dikehendaki, bahkan bisa diperoleh dengan memperjelas shadow. Meskipun secara keseluruhan HDR masih lebih baik hasilnya.

Foto HDR

Foto HDR

Proses HDR menggunakan software Photomatix Pro dan pengolahan selanjutnya di dalam Lightroom 4.  Proses HDR dilakukan dengan tonemapping dan detail enhancer, penyesuaian slider hanya sesuai selera agar foto tetap nampak natural. Semoga tidak berlebihan hasil olahnya, soalnya yang pasti flarenya jadi nampak kinclong banget.

Dari bagian atas posting ini kita bisa lihat fot0-foto perbandingannya mulai dari yang exposure normal tanpa olahan, ada dua versi olahan untuk mengeluarkan shadow pada perbukitan dan upaya mengeluarkan warna ungu pada bunga rerumputan, tapi bila dibandingkan dengan hasil HDR masih lebih baik yang HDR … Silahkan disimak detailnya.

Standard

4 thoughts on “HDR: Belajar Lagi Kasus Olahan Foto Landscape Savanna Bromo

  1. Pingback: Savanna Bromo – A Tribute To @riomenajang : Catatan Ketiga Hari Keempat | Makan Lagi - Lagi Makan

  2. Pingback: Belajar HDR: Perbedaan Proses Dan Metode Olahan Pada Photomatix | Inilah Aku

  3. Pingback: HDR Lagi: Menggunakan HDR Efex Pro Dari Nik Software | Inilah Aku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s