Pawon Mangut

Pawon Mangut

Pawon ini merupakan bagian darisebuah  rumah makan yang menghidangkan mangut lele yang sangat enak dan terletak di kota Muntilan – jawa Tengah.  Sampai saat ini kegiatan masak-memasak dalam rumah makan ini masih menggunakan kayu bakar, yang meskipun banyak ditentang para aktivis lingkungan, faktanya menghasilkan aroma dan rasa yang khas. Sesuatu yang tidak mudah diduplikasikan pada dapur modern yang tidak menghasilkan asap kayu.

Mangut sebagai makanan khas yang aroma, rasa dan tampilannya diperoleh karena penggunaan kayu. Bisa diaplikasikan pada berbagai jenis ikan, dan sumber daging lainnya. Makanan ini banyak kita jumpai pada daerah pesisir, tetapi rumah makan ini berada di bagian tengah daratan, tapi memang bersampingan dengan sebuah kali.

Foto ini sendiri menangkap salah satu aktifitas dalam pawon, dengan ciri khas berupa adanya asap dan sinar matahari yang menerobos dari dinding dan atapnya. Jadi terdapat zona terang dan gelap pada ruangan ini.

Foto ini merupakan salah satu foto yang saya sertakan dalam Garuda Indonesia Photo Contest – World Series 2013. Salah satu kompetisi terbesar di Indonesia, dengan lebih dari 18.000 peserta dan lebih 60.000 foto yang disertakan.

Belajar Fotografi, Black & White

Pawon Mangut

Image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s