Lembu Sudah Siap

Salah satu kesempatan langka yang saya sempat saksikan adalah Palebon Agung, proses ngaben bagi para bangsawan, dalam hal ini terhadap Almarhum Tjokorde Ngurah Wim Sukawati. Beliau adalah putra dari Raja Ubud yang meninggal awal tahun 2013 dan pelaksaan puncak upacara Palebon Agung pada tanggal 14 Mei 2013 di Ubud.

Prosesi dimulai dari Puri Ubud, menuju tempat berlangsungnya kremasi. Selain dihadiri dan disaksikan oleh ribuan anggota keluarga, tamu keluarga dari pelosok dunia, dan masyarakat sekitar Ubud, juga terdapat begitu banyak turis domestik dan mancanegara. Untuk Lembu ini saja diangkat oleh ratusan masyarakat simpatisan, belum lagi Bade, Naga Banda, dan berbagai gamelan yang mengiringi prosesi.

Foto ini diambil di depan Puri Ubud, menjelang keberangkatan prosesi Palebon Agung, saat jenazah almarhum sudah dinaikkan ke atas Bade, yang menjulang sangat tinggi. Oh iya untuk memungkinkan lewatnya prosesi, listrik dan telpon seputar Ubud dimatikan sementara agar kabel-kabelnya tidak mengganggu jalannya prosesi.

Foto ini merupakan salah satu foto yang saya sertakan dalam Garuda Indonesia Photo Contest – World Series 2013. Salah satu kompetisi terbesar di Indonesia, dengan lebih dari 18.000 peserta dan lebih 60.000 foto yang disertakan.

Belajar Fotografi, Black & White, Street Photography

Lembu Sudah Siap

Image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s