Kerja Keras

Kerja Keras

Saat kembali dari Pasar Kenteng, di perjalanan saya melihat dua orang wanita (tua) dan seorang lelaki muda sedang bekerja sama mengangkut berbagai karung dan kotak-kotak belanjaan ke atas truk seperti ada di foto. Semula saya mengira bahwa si Ibu tua itu dibayar untuk memanggul barang ke atas truk.

Ternyata kemudian setelah semua usai, si ibu ini merapikan diri dan ternyata juga ikut naik truk dan duduk di muka, rupanya beliau adalah pemilik barang belanjaan tersebut.  Satu hal yang tak terduga sama sekali, bahwa beliau mau bekerja sendiri memanggul beban yang tidak ringan ke atas truk.  Saya tidak sempat mencari tahu alasan apa yang membuatnya begitu, tapi pesannya jelas sekali: kerja keras karena merasa memiliki.

Dari sisi teknis maupun lainnya saya rasa foto ini tidak prima, bahkan biasa saja bila saya tidak berkesempatan melihat lebih jauh apa yang terjadi selanjutnya.  Bagi saya pribadi, foto ini dengan cerita yang lebih lengkap memiliki nilai semangat yang sangat tinggi, jauh melebihi foto yang dibuat prima dengan teknis yang baik. [memang akan lebih baik bila foto prima dengan latar kuat]

Foto ini merupakan salah satu foto yang saya sertakan dalam Garuda Indonesia Photo Contest – World Series 2013. Salah satu kompetisi terbesar di Indonesia, dengan lebih dari 18.000 peserta dan lebih 60.000 foto yang disertakan.

Belajar Fotografi, Black & White

Kerja Keras

Image

3 thoughts on “Kerja Keras

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s