Busway depan PulmanSebuah event tahunan yang selalu saya sempatkan hadir adalah JAKARTA SEPI STREET PHOTO, yang dilakukan setiap tahun oleh Fotografer.Net pada hari ke 3 Syawal. Rute dimulai dari seputaran gedung Sarinah, menuju ke Bundaran HI, pergi-pulang bagi yang memarkir kendaraan di lokasi start, bagi yang lain silahkan langsung pulang.  Saat ini event diikuti ratusan penggemar fotografi berbagai usia, sejak bayi, anak, remaja, dewasa, sampai yang sudah tua seperti saya dan lebih tua lagi pun banyak.

Tahun ini saya berniat mendapatkan beberapa foto HDR dari gedung-gedung sepanjang rute yang dilalui, jadi memang sangat santai berjalan karena harus mencari lokasi yang pas, setup fokus, melihat-lihat busway yang datang (karena kebanyakan harus memotret dari jalur busway), kembali menaruh tripod dan mengambil foto (antara 5-9 bracket). Mungkin kesempatan berikut saya akan ambil gedung-gedung disisi satu lagi, karena saat ini lebih fokus ke sisi sejajar Sarinah sampai Wisma Nusantara.

Foto disini diambil dengan 5 bracket, pada exposure normal ISO 100, f/11, 1/180 (+/- @ 1EV), di atas tripod dengan trigger remote. Tantangannya pada matahari yang berada di kanan atas dan masuk dalam frame. Jadi foto ini ada bagian backlit (Hotel Pullman dan gedung lainnya, termasuk jembatan penyeberangan), sebagian jalan dalam bayangan gedung, dan sebagian jalan frontlit, juga busway.

Pengolahan menggunakan Photomatix Pro, dengan Tone Mapping – Detail enhancer.  Penyelesaian akhir pada Lightroom.

Satu hal yang menarik adalah bekerja dengan baiknya fungsi Ghost Removal otomatis pada saat penggabungan (merging) foto; padahal pada frame aslinya jelas nampak perubahan lokasi mobil dan motor yang bergerak. Setidaknya saya tidak perlu menghilangkan secara manual mobil dan motor yang bergerak itu. Busway sendiri memang diam karena ada di halte.

Seri HDR dalam blog ini silahkan klik Category HDR atau pada link ini.

Belajar Fotografi, HDR, Street Photography

Jakarta Sepi: HDR Di Jalan Thamrin

Image

6 thoughts on “Jakarta Sepi: HDR Di Jalan Thamrin

  1. Pingback: Jakarta Sepi: HDR Ada Hantunya | Inilah Aku

  2. Pingback: Jakarta Sepi: Belum Sukses Dengan Long Exposure | Inilah Aku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s