Detail Enhancer

Detail Enhancer

Bulan ini telah resmi keluar upgrade Photomatix Pro 5.0 yang versi beta-nya telah diuji coba beberapa lama – tapi saya tidak terlalu suka dengan versi beta ataupun release candidate, jadi belum mencoba. Salah satu tambahan baru yang menarik adalah Contrast Optimizer Tone Mapping yang klaimnya ditujukan untuk mendapatkan hasil olahan HDR yang realistik. Juga ada beberapa tambahan baru dalam upgrade ini.

Ini kutipan berita releasenya : “20-Nov-13: Photomatix Pro 5.0 released: Adds Contrast Optimizer Tone Mapping for realistic-looking results, new Fusion method for real estate photography, multiple settings batching, and option to enable fusion from a single RAW file.”

CONTRAST OPTIMIZER

Berikut ini beberapa hasil olahan menggunakan Photomatix Pro 5.0, baik yang menggunakan proses Detail Enhancer ataupun Contrast Optimizer. Semuanya diolah dari 9 file RAW dengan jarak masing-masing 1 stop (normal +/- 4stop). Kondisi pencahayaan matahari sangat terang benderang dengan sedikit awan, di tepi pantai.  Pengambilan foto menggunakan tripod dan bracketing dilakukan menggunakan self-timer 10 detik dengan jumlah 9 shot sekaligus sesuai dengan bracket. Lensa yang digunakan tanpa filter.

Dari hasil olahan sederhana di bawah dengan Contrast Optimizer memang nampak bahwa hasil yang diperoleh nampak realistis, namun memang pilihan pengolahan belum sedetail tone mapping lainnya. Contoh lain bisa dilihat pada foto di Flickr ini, yang nanti akan saya postingkan setelah membenahi beberapa ghosting yang terlewat.

Sebagai pembanding, pada foto pertama (di atas) menggunakan proses Detail Enhancer Tone Mapping yang biasa saya gunakan, sudah cukup realistis kelihatannya, apalagi dalam keadaan ekstrim dimana lensa berhadapan langsung dengan matahari. Sementara bisa di bandingkan dengan foto di Flickr yang kondisinya lebih ekstrim karena dari dalam ruangan ke arah luar dan menghadap matahari.

GHOST

Untuk foto yang ada orangnya terlihat bahwa fungsi deghosting berjalan dengan baik. Kalau melihat file masing-masing akan terlihat nyata pergerakan orang-orang tersebut, tetapi pada hasil akhir hanya keluar dari satu frame saja.

Saat ini pemilihan Automatic Ghost Removal sudah canggih, ada slider yang mengindikasikan seberapa kuat proses otomatis dilakukan. Dan bila untuk menghilangkan ghost kita perlu menggeser sangat ke kanan maka sangat disarankan untuk melakukan manual ghost removal. Menghilangkan secara manual tetap dilakukan dengan memilih daerah yang akan digunakan sebagai referensi, setelah itu kita memilih akan menggunakan frame mana sebagai referensi menghilangkan ghost. Proses berlangsung cepat dan lancar.

Untuk melihat tulisan lain di blog ini berkaitan HDR silahkan klik tautan ini atau buka pada halaman-halaman ini.

Contrast Optimizer

Contrast Optimizer

Contrast Optimizer

Contrast Optimizer

Belajar Fotografi, HDR

Photomatix Pro 5.0 – Contrast Optimizer HDR

Post in Indonesian language. In summary this is only to show the application of the new Balance Optimizer Tone Mapping of Photomatix in its latest update, the 5.0 version. The result from the two photos on the bottom shows it is easier to create a realistic looking HDR, as a comparison is the top photo – processed with Detail Enhancer Tone Mapping. All photos in the same area and lighting condition about the same. One photo is not finished yet and is referenced in the Flickr link at the article.

Image

4 thoughts on “Photomatix Pro 5.0 – Contrast Optimizer HDR

  1. Pingback: A Place To Enjoy Sunset | Inilah Aku

  2. Pingback: Fennel, Weeds, Grass, Blue Sky And The Sun | Inilah Aku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s